Tips agar Shockbreaker Depan Motor Lebih Empuk

Disadari atau tidak shockbreaker depa pada sepeda motor memang memegang peranan yang sangat penting pada fungsi handling dan kenyamanan kendaraan. Pengendara pasti akan merasa tidak nyaman kalau bantingan shockbreaker tersebut terasa keras. Bahkan bukan tak mungkin bantingan yang terlalu keras ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motor lainnya. Itu sebabnya, Anda tidak boleh menganggap remeh masalah ini.
Kebanyakan kasus kerasnya shockbreaker depan disebabkan oleh kualitas oli yang jelek atau volumenya yang tidak seimbang antara bagian kanan dan kiri. Akibatnya adalah daya redam shockbreaker pun menurun. Oli shockbreaker yang bagus ditandai dari warnanya yang masih merah. Jika kualitasnya sudah berubah, ada baiknya Anda mengganti oli shock-nya. Bawaan standarnya 75 ml. Tapi agar lebih empuk Anda bisa mengisinya sebanyak 70 ml atau dikurangi sedikit.
shockbreaker-depan-lebih-empuk.jpg
Faktor-faktor yang menyebabkan shockbreaker terasa keras di antaranya :
  1. Oli shockbreaker sudah kotor atau terlalu kental
  2. Oli seal yang mengalami kebocoran
  3. Kerikil yang masuk ke dalam lapisan as shockbreaker
  4. Bentuk as shockbreaker yang bengkok atau melengkung
  5. Pengisian oli shockbreaker yang terlalu banyak
Di bawah ini tabel kapasitas volume oli shockbreaker yang dianjurkan masing-masng tipe sepeda motor!
Tipe Sepeda MotorKapasitas Oli (ml)
Honda Grand52
Honda Supra X/Fit64
Honda Karisma68
Honda Kirana70
Honda Vario75
Honda GL 100/GL 12580
Honda Win81
Honda Gl Pro/Max157
Honda Mega Pro159
Honda New Mega Pro163
Honda Tiger126
Honda New Tiger135
Honda CS 154,5
Honda Beat76
Honda Blade65,5
Honda New Revo 11065,5
Yamaha Vega R61
Yamaha Vega ZR67
Yamaha Jupiter Z61
Yamaha Jupiter MX64
Yamaha Vixion230
Yamaha Scorpio Spoke252
Yamaha Scorpio CW244
Yamaha Rx King177
Yamaha Mio/Mio Soul53
Yamaha New Mio60
Yamaha Nouvo63
Suzuki Shogun 125/F1/Smash51
Suzuki Spin/Skywive/Skydrive55
Suzuki Satria F103,5
Suzuki Thunder 125150
Suzuki Thunder 250250
Kawasaki Blitz52,7
Kawasaki Kaza52,3
Kawasaki Kaze Zr64
Kawasaki Ninja 250310
Kawasaki Pulsar 180145
Kawasaki Pulsar 200165
Kawasaki XCD 125145
Kiat-kiat lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat shockbreaker depan sepeda motor terasa lebih empuk yaitu :
  • Kecilkan ukuran lubang suling guna menahan derasnya aliran oli di dalam shockbreaker sehingga rasanya menjadi lebih empuk.
  • Gunakan per yang karakteristiknya lebih rapat sehingga daya pantulnya lebih stabil dan daya rebound-nya lebih lembut.
  • Gantilah oli shockbreaker yang sudah lama dengan oli baru sesuai standar. Isikan oli tersebut sesuai tabel anjuran di atas.
  • Pakai ring (washer) orisinal untuk mengganjal sehingga lebih aman, tidak mudah, terkikis, serta tak gampang rusak.