Tips agar Shockbreaker Depan Motor Lebih Empuk
Disadari atau tidak shockbreaker depa pada sepeda motor memang memegang peranan yang sangat penting pada fungsi handling dan kenyamanan kendaraan. Pengendara pasti akan merasa tidak nyaman kalau bantingan shockbreaker tersebut terasa keras. Bahkan bukan tak mungkin bantingan yang terlalu keras ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motor lainnya. Itu sebabnya, Anda tidak boleh menganggap remeh masalah ini.
Kebanyakan kasus kerasnya shockbreaker depan disebabkan oleh kualitas oli yang jelek atau volumenya yang tidak seimbang antara bagian kanan dan kiri. Akibatnya adalah daya redam shockbreaker pun menurun. Oli shockbreaker yang bagus ditandai dari warnanya yang masih merah. Jika kualitasnya sudah berubah, ada baiknya Anda mengganti oli shock-nya. Bawaan standarnya 75 ml. Tapi agar lebih empuk Anda bisa mengisinya sebanyak 70 ml atau dikurangi sedikit.
Faktor-faktor yang menyebabkan shockbreaker terasa keras di antaranya :
- Oli shockbreaker sudah kotor atau terlalu kental
- Oli seal yang mengalami kebocoran
- Kerikil yang masuk ke dalam lapisan as shockbreaker
- Bentuk as shockbreaker yang bengkok atau melengkung
- Pengisian oli shockbreaker yang terlalu banyak
Di bawah ini tabel kapasitas volume oli shockbreaker yang dianjurkan masing-masng tipe sepeda motor!
Tipe Sepeda Motor | Kapasitas Oli (ml) |
Honda Grand | 52 |
Honda Supra X/Fit | 64 |
Honda Karisma | 68 |
Honda Kirana | 70 |
Honda Vario | 75 |
Honda GL 100/GL 125 | 80 |
Honda Win | 81 |
Honda Gl Pro/Max | 157 |
Honda Mega Pro | 159 |
Honda New Mega Pro | 163 |
Honda Tiger | 126 |
Honda New Tiger | 135 |
Honda CS 1 | 54,5 |
Honda Beat | 76 |
Honda Blade | 65,5 |
Honda New Revo 110 | 65,5 |
Yamaha Vega R | 61 |
Yamaha Vega ZR | 67 |
Yamaha Jupiter Z | 61 |
Yamaha Jupiter MX | 64 |
Yamaha Vixion | 230 |
Yamaha Scorpio Spoke | 252 |
Yamaha Scorpio CW | 244 |
Yamaha Rx King | 177 |
Yamaha Mio/Mio Soul | 53 |
Yamaha New Mio | 60 |
Yamaha Nouvo | 63 |
Suzuki Shogun 125/F1/Smash | 51 |
Suzuki Spin/Skywive/Skydrive | 55 |
Suzuki Satria F | 103,5 |
Suzuki Thunder 125 | 150 |
Suzuki Thunder 250 | 250 |
Kawasaki Blitz | 52,7 |
Kawasaki Kaza | 52,3 |
Kawasaki Kaze Zr | 64 |
Kawasaki Ninja 250 | 310 |
Kawasaki Pulsar 180 | 145 |
Kawasaki Pulsar 200 | 165 |
Kawasaki XCD 125 | 145 |
Kiat-kiat lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat shockbreaker depan sepeda motor terasa lebih empuk yaitu :
- Kecilkan ukuran lubang suling guna menahan derasnya aliran oli di dalam shockbreaker sehingga rasanya menjadi lebih empuk.
- Gunakan per yang karakteristiknya lebih rapat sehingga daya pantulnya lebih stabil dan daya rebound-nya lebih lembut.
- Gantilah oli shockbreaker yang sudah lama dengan oli baru sesuai standar. Isikan oli tersebut sesuai tabel anjuran di atas.
- Pakai ring (washer) orisinal untuk mengganjal sehingga lebih aman, tidak mudah, terkikis, serta tak gampang rusak.